Botani

Pengertian Ilmu Botani Secara Bahasa dan Istilah

Pengertian Ilmu Botani

Pengertian Ilmu Botani

Ilmu botani adalah ilmu yang membahas dunia tumbuhan, mulai dari jenis-jenis tumbuhan, sistem kerja organ tumbuhan itu sendiri, reproduksi tumbuhan dan sampai ke manfaat dari tumbuhan tersebut untuk manusia.

Dengan mempelajari ilmu botani ini kita akan mengetahui tumbuhan apa saja yang bermanfaat utuk tubuh manusia, tumbuhan mana yang bisa dijadikan untuk obat. Dan tentunya dengan mengetahui ilmu botani ini kita akan memiliki ilmu tumbuhan mana saja yang  boleh kita makan dan mana tumbuhan yang beracun dan harus kita jauhi.

Untuk membahas lebih detail mengenai dunia botani ini, kami akan memberikan sedikit penjelasan menganai pengertian ilmu botani ini. Simak sampai selesai ya

Pengertian Botani Secara bahasa

Istilah botani berasal dari Bahasa Yunani Kuno, βοτάνη (botane), yang berarti rerumputan atau padang penggembalaan.[1][2]:134[3].

Saat ini botani mempelajari sekitar 400.000 spesies organisme hidup di mana 260 ribu di antaranya adalah tumbuhan berpembuluh dan 248 ribu di antaranya adalah angiosperma.[4]:7[5]:2 Orang yang menekuni bidang botani disebut sebagai botanis atau ahli botani.

Pengertian Botani Secara Istilah

Pengertian Ilmu Botani adalah sebuah ilmu yang mempelajari spesies organisme tumbuhan, alga, dan jamur. Baik dari segi jenis-jenisnya, klasifikasi, sistem hidup,  genetika, pertumbuhan, reproduksi, metabolisme, perkembangan, interaksi dengan komponen biotik dan komponen abiotik.

Dengan demikian, dalam botani dipelajari semua disiplin ilmu biologi, seperti genetika, pertumbuhan, reproduksi, metabolisme, perkembangan, interaksi dengan komponen biotik dan komponen abiotik, yang berhubungan dengan tumbuhan.

Video Penjelasan Ilmu Botani

Buat kamu yang ingin menonton video penjelasan ilmu botani maka kamu bisa langsung menonton video dibawah ini ya.

Selamat menonton!

Penutup

Semoga artikel mengenai penjelasan ilmu botani secara bahasa dan secara istilah ini bermanfaat untuk kalian semua, dan jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-temanmu lainnya ya. 🙂

About author

Articles

Saya adalah seorang murid di perguruan Tinggi, saat ini sedang fokus kuliah di fakultas Biologi, dan mencoba meluangkan waktu untuk menulis artikel di blog Sainspedia.net ini
Related posts
Botani

Keunikan Tanaman Leguminoceae, Siklus Nitrogen, dan Pembentukan Asam Amino

Daftar Isi Keunikan Tanaman Leguminoceae, Siklus Nitrogen, dan Pembentukan Asam Amino1. Bintil…
Read more
Botani

Pengertian fotorespirasi Secara Singkat

Pengertian fotorespirasi Pengertian fotorespirasi             Pengertian…
Read more
Newsletter
Become a Trendsetter

Sign up for Sainspedia’s Daily Digest and get the best of Sainspedia, tailored for you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *