Sains

4 Pengertian Sains Dan Teknologi

Pengertian Sains Dan Teknologi

Abstrak : Sains adalah ilmu yang teratur  sehingga dapat diuji atau dibuktikan kebenarannya, sedangkan teknologi adalah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia. Pada dasarnya , sains dan teknologi merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Perkembangan sains sangat berpengaruh pada perkembangan teknologi begitu pula sebaliknya. Perkembangan sains dan teknologi juga tidak dapat lepas dari kehidupan manusia ,tidak hanya memberikan kemudahan bagi manusia namun juga dapat menimbulkan dampak negatif.

Kata kunci : sains , teknologi,Pengertian Sains Dan Teknologi

Pendahuluan

Sains dan teknologi adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Dalam penerapannya, sains secara otomatis menghasilkan apa yang disebut teknologi.  Sains bersifat teoritis dan tidak berbentuk sedangkan teknologi bersifat praktis dan berbentuk. Pada hakikatnya, sains dipelajari untuk mengembangkan dan memperkokoh eksistensi manusia di bumi. Teknologi diciptakan untuk meringankan dan membebaskan manusia dari kesulitan-kesulitan hidup. Namun dalam penerapannya, sains dan teknologi selalu mempunyai dampak positif dan negatif. Sekarang ini manusia justru terjebak ke dalam budaya konsumerisme sebagai akibat dari ketergantungan manusia akan teknologi. Berdasarkan uraian tersebut maka penulis tertarik untuk mengkaji tentang hubungan sains dan teknologi serta dampak perkembangannya dalam berbagai bidang kehidupan manusia.

Pembahasan

1. Pengertian Sains dan Teknologi

Sains berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam semesta secara sistematis. Sains tidak hanya sebagai kumpulan fakta, konsep, dan prinsip tetapi juga

merupakan suatu proses penemuan. Sains berasal dari kata  sienz, science, syence, scyence, scyense, scyens, scienc, sciens, scians. Menurut  Kamus Umum Bahasa Indonesia, sains adalah ilmu yang teratur (sistematik) yang dapat diuji atau dibuktikan kebenarannya, berdasarkan kebenaran atau kenyataan semata. Sifat dari sains adalah bebas nilai, obyektif, dan netral.

Sedangkan istilah teknologi berasal dari kata techne yang berarti cara dan logos yang berarti pengetahuan. Secara harfiah teknologi dapat diartikan sebagai pengetahuan tentang cara. Jaques Ellul  mengartikan teknologi sebagai keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia. Berbeda dengan sains, teknologi walaupun pada dasarnya netral, dalam situasi tertentu dapat tidak netral lagi karena mengandung potensi merusak dan potensi kekuasaan.

2. Hubungan antara Sains dan Teknologi

Teknologi dianggap sebagai penerapan sains dalam pengertian bahwa penerapan itu menuju pada perbuatan atau perwujudan sesuatu. Teknologi adalah segenap keterampilan manusia menggunakan sumber daya alam untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan. Secara lebih umum teknologi merupakan suatu sistem penggunaan berbagai sarana yang tersedia untuk mencapai tujuan-tujuan praktis yang ditentukan.

Perkembangan sains dan teknologi dapat mendatangkan kemakmuran materi. Adanya perkembangan tersebut menimbulkan cabang ilmu pengetahuan baru. Sains dan teknologi memungkinkan terjadinya perkembangan keterampilan dan kecerdasan manusia karena  perkembangan sains dan teknologi menyediakan sarana dan prasarana penunjang kegiatan ilmiah.

Kemajuan dalam penguasaan sains meningkatkan kemajuan teknologi. Sebaliknya taraf penguasaan teknologi yang maju akan meningkatkan penguasaan sains lebih lanjut. Sains dan teknologi saling membutuhkan karena sains tanpa teknologi bagaikan pohon tak berbuah, sedangkan teknologi tanpa sains bagaikan pohon tak berakar (science without technology has no fruit, technology without science has no root).

3. Contoh hubungan sains dan teknologi pada kehidupan sehari – hari :

  1. Penerapan ilmu fisika tentang lensa menghasilkan produk teknologi seperti mikroskop dan teleskop. Mikroskop digunakan untuk melihal obyek yang sangat kecil seperti bakteri, sehingga klasifikasi bakteri bisa dilakukan. Hasil klasifikasinya dapat membantu  dalam bidang kedokteran dan industri makanan.
  2. Penerapan ilmu elektro dapat menghasilkan robot yang bermanfaat dalam bidang industri, manufaktur, kesehatan, dan sebagainya. Robot juga bisa berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dalam kegiatan penelitian yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia, seperti  penyelaman ke dasar laut dalam dan penelitian gunung berapi.

Dampak Perkembangan Sains dan Teknologi

            Pada satu sisi, perkembangan sains dan teknologi memang telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Pada sisi lain, pesatnya kemajuan sains dan teknologi membawa pengaruh negatif. Gejala dehumanisasi merupakan salah satu dampak negatif sains dan teknologi. Gejala dehumanisasi yaitu tergerusnya nilai-nilai kemanusiaan.

Berikut adalah dampak perkembangan sains dan teknologi dalam berbagai bidang.
  1. Bidang informasi dan komunikasi

Dampak Positif

  • Informasi terbaru di belahan bumi bagian manapun dapat diketahui dengan mudah  melalui internet.
  • Komunikasi jarak jauh dapat dilakukan dengan handphone.

Dampak Negatif

  • Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris.
  • Penggunaan situs tertentu yang disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab demi tujuan tertentu.
  1. Bidang Ekonomi dan Industri

Dampak Positif

  •   Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
  •  Terjadinya industrialisasi.

Dampak negatif

  • Pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak  mempunyai kualifikasi sesuai kebutuhan.
  • Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan.
  1. Bidang Sosial dan Budaya

Dampak Positif

  • Meningkatnya rasa percaya diri.
  • Tekanan dan  kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun, dan pekerja keras.

Dampak Negatif

  • Kemerosotan moral di masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar.
  • Pola interaksi antar manusia berubah menjadi lebih tertutup.
  1. Bidang Pendidikan

Dampak Positif

  • Kehadiran media massa khususnya media elektronik dapat menjadi sumber ilmu dan pusat pendidikan.
  • Tercipta metode-metode pembelajaran bar, yang memudahkan siswa dan guru  dalam proses pembelajaran.

Dampak Negatif

  • Kerahasiaan alat tes semakin terancam.
  • Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal.
  1. Bidang politik

Dampak Positif

  • Timbulnya kelas menengah baru.
  • Di bidang politik internasional terdapat kecenderungan tumbuh regionalisme.

Dampak Negatif

  • Penggunaan persenjataan canggih untuk menyerang pihak lain demi kekuasaan  dan kekayaan.
  • Terorisme yang semakin merajalela.

Kesimpulan

Sains dan teknologi adalah hal yang tak dapat lepas dari kehidupan manusia.

Sains dan teknologi akan terus berkembang seiring perkembangan peradaban manusia di dunia. Pada hakikatnya sains dan teknologi merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Perkembangan sains sangat berpengaruh pada perkembangan teknologi begitu pula sebaliknya. Perkembangan sains dan teknologi tidak hanya memberikan kemudahan bagi manusia namun juga dapat menimbulkan dampak negatif.

Penulis : Agustin Fatmawati  , Nila Mutia Dewi  , Zul Farida Arini dengan sumber : Blog Nilla Ismail

About author

Articles

Saya adalah seorang murid di perguruan Tinggi, saat ini sedang fokus kuliah di fakultas Biologi, dan mencoba meluangkan waktu untuk menulis artikel di blog Sainspedia.net ini
Newsletter
Become a Trendsetter

Sign up for Sainspedia’s Daily Digest and get the best of Sainspedia, tailored for you.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *